Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
info@sunnahaqiqah.com
support@sunnahaqiqah.com

5 Hikmah Qurban yang Bisa Kita Petik

5 Hikmah yang Dipetik dari Qurban

Qurban merupakan peristiwa yang luar biasa bagi Nabi Ibrahim as. Turunnya perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail as, merupakan puncak ujian kesabaran dan ketaatan Ibrahim pada Allah SWT setelah Ibrahim dan Ismail sepakat untuk memenuhi perintah Allah SWT. Sebagai hamba-Nya, sudah sepatutnya kita memahami berbagai hikmah qurban yang bisa kita petik.

Berkat ketaatan dan kesabaran inilah, Allah mengganti Ismail dengan kambing qurban yang siap disembelih. Dan peristiwa ini dinamakan qurban. Dari rangkaian peristiwa ini tentu ada hikmah yang dapat diambil. Hikmah apa sajakah itu?

LIMA HIKMAH QURBAN

1. Menempa keikhlasan

Qurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan, lalu dipotong dan dibagikan, namun keikhlasan dan ketakwaanlah yang dapat menggapai keridaan Allah.

Dalam firman Allah: “Darah dan dagingnya unta itu sekali-kali tidak dapat menggapai keridaan Allah, tetapi ketakwaan dari dirimu yang dapat mencapainya.” (QS. Al-Hajj: 37)

2. Mengikuti syariah Rasulullah SAW

Sudah seharusnya dalam suatu ibadah mengikuti aturan yang telah ditetapkan Allah Swt. Begitu pula dalam berqurban, diantaranya hewan harus sehat, tidak cacat yang membatalkan sahnya qurban, kurus, umur hewan yang telah ditetapkan.

Waktu penyembelihan dilakukan setelah Solat Idul Adha dan khotbah pada tanggal 10 Dzulhijah sampai tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah yang merupakan hari Tasrik.

3. Bersedekah dengan harta

Ibadah qurban, memerintahkan seorang muslim untuk menyedekahkan sebagian hartanya untuk dijalankan di jalan Allah. Semakin banyak harta yang dikeluarkan untuk bersedekah dalam kebaikan dan ketaatan hambanya, maka semakin berkah rezeki yang Allah berikan.

Rasulullah saw bersabda: “Infaqkanlah hartamu! Jangan menghitungnya (menyimpan tanpa sedekah). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan berkah rezekinya. Janganlah menghalangi anugerahmu. Jika tidak, Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no.1029)

4. Pembelajaran meninggalkan larangan

Sebelum berqurban, ada adab yang harus dipatuhi bagi shahibul qurban. Saat masuk 1 Dzulhijah sampai hewan qurbannya disembelih, hendaklah shahibul qurban tidak memotong rambut dan kukunya (HR. Muslim no.1977)

5. Meningkatkan zikir

Dengan qurban menjadikan hamba yang selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Dan selalu mengingat-Nya melalui zikir, tasbih, takbir, tahmid, tahlil dan istighfar.

Demikian hikmah yang dapat diambil dari ibadah qurban. Semoga apa yang telah diuraikan, dapat direalisasikan.
Adapun hewan yang digunakan harus memenuhi syarat sahnya qurban. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, Sunnah Aqiqah merupakan solusi terbaik. Mengapa? Sebagai penyedia hewan, Kami memudahkan Anda untuk memilih sapi, domba atau kambing qurban, melalui narahubung 082112831927.

Melalui visi melayani dengan handal, aman dan terpercaya, pengiriman hewan yang tepat sesuai perjanjian. Sunnah Aqiqah menjamin pula hewan yang dipilih adalah pejantan sesuai syariah. Ada tiga cara pembayaran yang bisa digunakan, transfer melalui ATM, pembayaran di tempat, atau di kantor cabang qurban Bandung dan qurban Cimahi.
Jika Anda ingin membeli hewan qurban dengan aman, handal, dan terpercaya, Kami solusinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.