Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
info@sunnahaqiqah.com
support@sunnahaqiqah.com

Inilah, 7 Adab Sebelum Salat Idul Adha

Inilah, 7 Adab Sebelum Salat Idul Adha

Embed from Getty Images
Umat Islam di seluruh dunia sangat menantikan dua hari raya besarnya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Seluruh umat muslim dari bayi hingga orang tua renta disunnahkan untuk melaksanakan Salat Id, begitu pun wanita yang sedang mendapat haid, mereka tetap dianjurkan untuk datang ke tempat salat id, dengan catatan memisahkan diri dan tidak ikut mendirikan salat.

Idul Adha identik dengan qurban, maka disebut juga dengan Idul Qurban. Dimana orang yang mempunyai rezeki berlebih, disunnahkan untuk berqurban. Kambing atau domba qurban adalah hewan yang bisa digunakan untuk qurban selain sapi dan unta.

Sebelum pergi ke lapangan untuk melaksanakan Salat Idul Adha, sebaiknya mengetahui tujuah adab berikut:
Satu, mandi besar sebelum Salat Id

Riwayat Al-Baihaqi melalui asy-Syafi’i, seseorang bertanya kepada Ali ra tentang mandi yang memang dianjurkan. Ali menjawab, “Hari Jumat, hari Arafah, dan hari Fitri.”

Dua, memakai wewangian (bagi laki-laki) dan bersiwak (menggosok gigi)

Berdasarkan hadist Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya hari ini adalah hari Id yang ditetapkan Allah untuk orang-orang Islam, maka barang siapa yang mendatangi Jumat hendaknya ia mandi, jika memiliki minyak wangi, hendaklah ia mengolesinya,dan hendaklah kalian semua bersiwak.” (HR. Ibun Majah)

Tiga, mengenakan pakaian terbaik
Pakailah pakaian terbaik bukan dari bahan sutera, sesuai dengan sabda Rasulullah, sutera hanya untuk yang tidak punya bagian (di akhirat, kaum kafir).

Empat, tidaklah makan sebelum Salat Id
Berbeda dengan Salat Idul Fitri, Salat Idul Adha dianjurkan tidak makan lebih dulu.

Lima, Salat Id di tempat yang luas
Selesai Salat Id d