Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
info@sunnahaqiqah.com
support@sunnahaqiqah.com

Ketentuan Aqiqah Anak Perempuan yang Perlu Diketahui

Ketentuan Aqiqah Anak Perempuan yang Perlu Diketahui

Aqiqah merupakan implementasi ketaatan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah Swt. Ibadah ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran buah hati. Untuk orang tua yang akan mempunyai anak perempuan (sesudah cek USG), sebaiknya mengetahui syarat dan ketentuan aqiqah anak perempuan yang sesuai dengan syariat Islam.

Dengan bekal ilmu syarat sah aqiqah anak perempuan, seperti jumlah domba yang akan disembelih, jenis hewannya, dan tata cara pelaksanaannya, Insya Allah aqiqahnya menjadi berkah.

Sekilas Sejarah Aqiqah serta Kedudukan Anak Perempuan

Sebelum Islam datang di Jazirah Arab kedudukan perempuan sangat rendah. Ketika ada keluarga yang mendapati anaknya lahir berjenis kelamin perempuan, maka keluarga itu seolah mendapat aib (malu). Tak jarang bayi perempuan yang baru lahir langsung dibunuh untuk menghilangkan aib.

Sungguh buruk akhlak masyarakat pada zaman jahiliyah tersebut. Kemudian Islam datang memberikan pencerahan dan perbaikan akhlak melalui nabi besar Rasulullah SAW. Perempuan diberi kedudukan mulia sesuai kodratnya, disyukuri dengan melaksanakan aqiqah.

Berapa Ekor Kambing Aqiqah Anak Perempuan? Jantan atau betina?

Dalil yang mensyariatkan aqiqah adalah hadits Rasulullah saw,

“Dari Aisyah ra, sesungguhnya Rasulullah saw memerintahkan kepada para sahabat untuk mengaqiqahkan anak lak-lakinya dengan dua ekor kambing besar dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.” (HR. Al Tarmidzi)

Bagi yang mempunyai anak laki-laki dan hanya mampu beraqiqah dengan satu ekor kambing, aqiqahnya tetap sah.

Adapun waktu pelaksanaan aqiqah anak perempuan sama dengan aqiqah anak laki-laki yaitu pada hari ke 7, 14, atau 21.

Jenis Hewan Aqiqah Anak Perempuan

Para jumhur ulama mengatakan bahwa hewan yang boleh digunakan untuk ber-aqiqah hanyalah kambing atau domba. Jenis kambing aqiqah bisa betina namun tidak sedang hamil, tapi yang paling afdol adalah kambing jantan. Syarat umur kambing aqiqah  telah masuk umur satu tahun, berbadan sehat, tidak berpenyakit, dan tidak cacat secara fisik.

Syarat dan Ketentuan Aqiqah

  1. Disunnahkan untuk memberi nama dan mencukur rambut pada hari ke tujuh sejak hari kelahirannya.
  2. Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, sangat dianjurkan bagi yang mempunyai kelapangan rezeki.

Membagikan Daging Aqiqah

Setelah disembelih, daging aqiqah dibagikan kepada kerabat, tetangga, fakir miskin. Daging ini sebaiknya dibagikan dalam bentuk masakan siap saji, berbeda dengan daging qurban yang biasa dibagikan dalam bentuk mentah. Inilah hikmah dari ibadah aqiqah, yaitu berbagi kebahagiaan atas kelahiran buah hati.

Demikian syarat dan ketentuan aqiqah anak perempuan, semoga dapat dijadikan referensi bagi yang akan beraqiqah.

Jika Anda ingin ber-aqiqah dengan mudah dan murah, dapat menghubungi narahubung 082112831927, atau langsung ke website www.sunnahaqiqah.org. Di Sunnah Aqiqah sebagai penyedia kambing aqiqah, juga menyediakan catering paket aqiqah murah di Bandung dengan berbagai varian menu siap saji. Pembayarannya mudah dapat melalui transfer ATM, petugas yang mengambil, atau bayar di kantor cabang. Setelah siap, pengiriman dilakukan sesuai kesepakatan.

Ingin mudah beraqiqah, yuk, ke Sunnah Aqiqah!


Leave a Reply

Your email address will not be published.