Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
info@sunnahaqiqah.com
support@sunnahaqiqah.com

Ketentuan Aqiqah yang Perlu Diketahui

Ketentuan Aqiqah yang Perlu Diketahui

Aqiqah berasal dari bahasa Arab yang bermakna memotong.  Menurut jumhur ulama, memotong di sini mempunyai makna ganda, yaitu memotong hewan dan memotong rambut bayi. Maka menurut istilah, aqiqah adalah memotong atau menyembelih hewan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt. atas kelahiran buah hati. Dilanjutkan dengan pemotongan rambutnya. Ketika akan melaksanakan aqiqah, apa saja yang perlu diketahui agar ibadahnya sah sesuai syariah?

Ketentuan Aqiqah

Dalam setiap ibadah, Islam telah mengatur dengan sempurna ketetapan syariahnya. Demikian juga dalam aqiqah, beberapa ketentuan aqiqah yang perlu diketahui oleh para orang tua diantaranya adalah:

  • Hukum Aqiqah, menurut jumhur ulama hukumnya adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang dianjurkan. Bagi mereka yang diberi keluasan rezeki sangat dianjurkan untuk melakukan aqiqah yang berlaku sekali dalam seumur hidup. Dari Samurah ibn Jundub RA, Rasulullah bersabda,

“Setiap anak yang baru lahir tergadai dan ditebus dengan aqiqah, yaitu menyembelih untuknya pada hari ke tujuh, lalu dicukur dan diberi nama”

  • Ketentuan Jumlah dan Jenis Kambing Aqiqah

Dalam syariah Islam, hewan yang digunakan untuk beraqiqah adalah kambing. Untuk bayi laki-laki, kambing yang disembelih berjumlah dua ekor, sedangkan untuk perempuan, kambingnya berjumlah satu ekor.

Adapun syarat hewan yang digunakan tentunya harus berbadan sehat, tidak berpenyakit, gemuk, telah cukup umur, dan tidak mempunyai cacat secara fisik. Menurut Imam Asy-Syafi’i, cacat hewan harus dihindari sebagaimana tidak dibolehkan dalam hewan qurban.

  • Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan aqiqah adalah hari ke tujuh kelahiran buah hati, atau hari ke empat belas hari, atau hari ke dua puluh satu. Sesuai dengan hadist berikut:

“Aqiqah itu menyembelih hewan pada hari ke-7, atau ke-14, atau ke-21”

[HR. Baihaqi juz 9, hal. 303]

  • Sunnah dalam Pelaksanaan Aqiqah
  • Membaca Basmalah
  • Bersalawat Nabi
  • Bertakbir
  • Ayah memilih sendiri hewan aqiqah
  • Membagikan daging aqiqah yang telah dimasak
  • Pada saat melaksanakan aqiqah, mencukur rambut anak dan memberi nama

Demikian ketentuan aqiqah yang perlu diketahui agar pelaksanaannya sesuai dengan syariah Islam.

Dalam mencari hewan untuk aqiqah tentu membutuhkan waktu, apalagi bagi Anda yang bekerja. Selain mencari hewan yang sesuai syariah, tentu tempat pembeliannya yang perlu diperhatikan. Sunnah aqiqah sebagai penyedia hewan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin beraqiqah.

Mudah dalam memilih hewan yang sehat, berbadan gemuk, tidak cacat secar fisik, dan telah masuk umur. Selain itu, Sunnah Aqiqah menawarkan aqiqah dalam bentuk masakan siap saji dengan berbagai menu pilihan dan varian harga yang sesuai dengan kemampuan.

Jika Anda ingin mudah beraqiqah dapat menghubungi narahubung 082112831927. Menyebutkan akan beraqiqah dengan harga dan menu sesuai keinginan Anda. Transaksinya pun mudah, dapat transfer melalui ATM, bayar di kantor cabang, atau saat pengiriman makanan.

Ingin mudah beraqiqah? Sunnah Aqiqah solusinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.