Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
[email protected]
[email protected]

Aqiqah Rasulullah Penyempurna Aqiqah Zaman Jahiliyah

kambing aqiqah bandung

Dalam sejarah, diriwayatkan bahwa aqiqah telah dilakukan di masyarakat jazirah Arab sejak zaman jahiliyah di mana islam belum masuk, yaitu mencukur rambut dan memotong hewan. Hewan aqiqah yang digunakan adalah kambing. Ritual penyembelihan kambing aqiqah ini khusus untuk anak laki-laki. Setelah disembelih, darah kambing ini dilumurkan darahnya ke kepala bayi.

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Dawud:

“Dahulu kami di masa jahiliyah jika salah seorang diantara kami mempunyai anak, ia menyembelih kambing. Maka, setelah Allah mendatangkan Islam, kami menyembelih kambing, mencukur (menggundul) kepala bayi, dan melumurinya dengan minyak wangi.” (HR. Abu Dawud juz 3, halaman 107, no. 2843 dari Buraidah)

Aqiqah Saat Rasulullah saw Datang

Setelah Rasulullah datang membawa agama islam, secara perlahan islam mengubah tradisi aqiqah di masyarakat Arab. Rasulullah mencontohkan cara aqiqah yang sesuai syariah islam terhadap kedua cucu kembarnya Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan Husain bin Ali bin Abi Thalib.

Dalam riwayat Ibnu Abbas, ia berkata:

“Rasulullah saw pernah mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain dengan masing-masing dua ekor gibas (domba).”

(HR. An Nasai no. 4219)

Islam menganjurkan untuk melakukan aqiqah dengan memotong satu ekor gibas (domba) atau kambing pada bayi perempuan dan memotong dua ekor domba atau kambing pada bayi laki-laki.

Kemudian pelaksanaan aqiqah oleh Rasulullah ini dilanjutkan oleh para sahabat, tabiit, tabiit tabiin (setelah generasi tabiin) hingga kini. Dengan menggunakan kambing atau domba aqiqah.

Hukum Aqiqah

Hukum aqiqah disepakati Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah sunnah. Menurut MUI pendapat dan dalil bahwa aqiqah itu sunnah adalah lebih kuat.

Hewan yang Digunakan Kambing atau Domba

Domba atau kambing aqiqah yang digunakan harus sesuai dengan syariah Islam, yaitu sehat, tidak cacat, umur setidaknya telah tanggal satu gigi atau dua tahun, bukan hewan aduan.

Pelaksanaan Aqiqah

Waktu yang paling afdhol pelaksanaan aqiqah adalah pada saat hari ke tujuh hari. Yaitu mencukur rambut bayi sampai habis, kemudian ditimbang rambutnya dan dihitung berdasarkan harga emas. Lalu uangnya disodaqohkan kepada fakir miskin. Yang kedua memberi nama yang baik, dan memotong hewan.

Sekarang ini, untuk melaksanakan aqiqah lebih mudah, tidak perlu mencari sendiri domba atau kambing aqiqah. Telah banyak jasa layanan aqiqah secara online yang aman dan amanah.

Salah satu jasa layanan aqiqah yang amanah ini bisa anda dapatkan di sunnahaqiqah.com.

Mengapa?

Dengan mengedepankan layanan prima, handal dan terpercaya, sunnahaqiqah.com memanjakan anda, selain dapat memilih kambing atau domba aqiqah dengan kualitas terbaik, anda dapat memilih menu sesuai selera dan harga terjangkau. Dan diantar tepat waktu tentunya.

Bagi yang berminat, silakan masuk ke laman sunnahaqiqah.com dengan nara hubung 0821 1283 1927


Leave a Reply

Your email address will not be published.