Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
[email protected]
[email protected]

Eratnya Kaitan Qurban dengan Idul Adha

Eratnya Kaitan Qurban dengan Idul Adha

Ibadah haji adalah perjalanan seorang muslim ke Baitullah, Mekkah. Rukun Islam yang ke-5 ini merupakan ibadah yang wajib dilakukan setidaknya sekali dalam seumur hidup bagi yang mampu, baik secara finansial, fisik, dan psikis.

Ibadah haji mempunyai kaitan yang sangat erat dengan qurban. Sejauh mana kaitannya itu?

1. Dari sisi waktu pelaksanaan, keduanya dilakukan pada bulan yang sama, yaitu hari raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah. Saat itu seluruh umat muslim disunnahkan melaksanakan Solat Id dan menyembelih qurban. Hewan yang dapat digunakan adalah kambing qurban, domba, sapi atau unta.

Sementara yang sedang melakukan ibadah haji, bergerak dari Muzdalifah menuju Mina untuk melempar jumrah, sebagai rangkaian ibadah haji.

2. Dari sisi tempat pelaksanaan, dalam waktu yang bersamaan namun pada tempat yang berbeda. Jemaah haji melaksanakan ibadah haji di Mekkah, Mina, Muzdalifah, dan Arafah. Sedangkan umat muslim merayakan Idul Adha dimana mereka berada serta dapat menyaksikan sendiri hewan qurbannya dipotong. Sementara jamaah haji biasanya tidak bisa menyaksikan karena harus bergerak dari Muzdalifah ke Mina untuk melontar jumrah.

“Tidak berdosa bagimu untuk mencari karunia dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy’arilharam. Dan berdzikirlah Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat.” (QS. Al Baqarah: 198)

Berqurban merupakan salah satu wujud rasa syukur, kesabaran dan ketakwaan seseorang pada Pencipta-Nya, dengan harapan dapat meningkatkan keimanan dan mengubah perilaku ke hal yang lebih baik. Selain itu, berqurban merupakan implementasi sedekah, di mana daging qurban yang telah dibersihkan dan dipotong, kemudian dibagikan kepada tetangga terdekat, fakir miskin, dan saudara. Sedangkan memberikan daging qurban kepada non muslim ada dua pendapat, ada yang melarang mutlak dan ada yang membolehkan dengan syarat bukan qurban wajib dan bukan kafir harbi. Kafir harbi adalah orang kafir yang memerangi kaum muslimin dan halal darahnya untuk ditumpahkan.

Kambing qurban yang digunakan harus memenuhi syarat sahnya qurban, yaitu hewan yang sehat, tidak cacat, berkualitas terbaik sesuai syariah Islam. Hewan tersebut dapat diperoleh di Sunnah Aqiqah, yang merupakan jasa layanan penyedia hewan baik untuk qurban, aqiqah atau pun syukuran. Dengan berkomitmen pada aman, handal, dan terpercaya, Anda mendapatkan hewan sesuai harapan.

Jika Anda berminat, dapat menghubungi narahubung 082112831927. Ada pun sistem pembayaran dapat dipilih dengan bayar di tempat saat pengiriman, transfer, atau bayar di kantor. Melalui Sunnah Aqiqah berqurban lebih mudah, aman, handal dan terpercaya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.