Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
[email protected]
[email protected]

Hukum Berqurban sebelum Aqiqah

Hukum Berqurban sebelum Aqiqah

Menjelang qurban, sering ada pertanyaan, bolehkah ketika seorang muslim akan melakukan qurban, sedangkan waktu kecil belum diaqiqahkan orang tuanya? Bagaimana hukumnya jika dilakukan?

Pada dasarnya tidak ada ketentuan, bahwa qurban seseorang tidak sah jika belum aqiqah. Tidak ada hubungan antara keduanya. Aqiqah merupakan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya sewaktu dilahirkan, jika memiliki keluasan rezeki. Sedangkan qurban adalah mengeluarkan sebagian rezeki dengan melakukan pemotongan domba qurban atau hewan ternak lainnya, seperti kambing, unta atau sapi sesaat setelah salat Idul Adha.

Timbul pertanyaan, bolehkah berqurban ketika masih mempunyai anak yang belum diaqiqahkan?
Bolehkah berqurban, sementara kita belum diaqiqahkan oleh orang tua sendiri?

Prinsip qurban sebelum aqiqah

• Ketika seseorang hendak berqurban, namun anaknya belum sempat diaqiqahkan. Mana yang lebih didahulukan? Apakah mengaqiqahkan anak atau berqurban terlebih dahulu? Aqiqah adalah bentuk tanggung jawab seorang ayah terhadap anak-anaknya. Sedangkan berqurban adalah tanggung jawab seorang muslim yang berkecukupan.

Juhur ulama berpendapat, orang tua boleh mendahulukan ibadah qurban jika saat itu mendekati waktu qurban.
Artinya, tidak ada keterkaitan secara sebab-akibat antara qurban dengan aqiqah. Lain halnya dengan dengan wudu, karena wudu merupakan syarat sahnya salat. Pada prinsipnya bahwa jika belum sempat mengaqiqahkan bayinya, tidak menghalangi niat seseorang untuk melakukan ibadah qurban.

• Bagaimana jika seseorang belum sempat diaqiqahkan oleh orang tuanya?

Sehubungan tidak ada kaitan sebab-akibatnya, maka hal ini dibolehkan untuk melakukan ibadah qurban.
Ada tiga pandangan para ulama mengenai mengenai hukum qurban sebelum aqiqah:
1. Tidak adanya kaitan sebab-akibat antara qurban dengan aqiqah, sehingga belum melaksanakan amalan satu tidak menghalangi amalan lainnya.
2. Aqiqah merupakan tanggung jawab orang tua terhadap anak-anaknya, dan tidak menghalangi untuk melaksanakan ibadah lain.
3. Beberapa ulama berpendapat, andai saat kecil belum sempat diaqiqahkan oleh orang tua, lalu saat dewasa melakukan qurban, maka aqiqah telah terwakilkan oleh qurbannya.

Demikian hukum mengenai qurban sebelum aqiqah menurut juhur ulama. Yang perlu dipahami adalah tidak membenarkan jika niat berqurban disatukan dengan niat aqiqah dalam satu waktu.

Sebagai penyedia hewan qurban, Sunnah Aqiqah memfasilitasi hewan yang berkualitas terbaik. Dengan pengiriman yang aman, handal dan terpercaya, Anda dapat menghubungi Kami di 0821-1283-1927.

Adapun daftar harga domba qurban 2018 adalah:

harga_domba_qurban_2018

harga_domba_qurban_2018

Sapi PO, Madura, Silangan Sapi Bali

harga_sapi_qurban

harga_sapi_qurban

Metode pembayaran dapat dipilih dengan transfer melalui ATM, bayar di kantor cabang, atau bayar di tempat saat pengiriman.
Kami berkomitmen memberikan jasa layanan prima agar Anda lebih mudah memilih hewan qurban sesuai harapan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.