Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
[email protected]
[email protected]

Perbedaan Idul Adha Di Arab Saudi dan Indonesia? Bagaimana Menyikapinya?

Perbedaan Idul Adha Di Arab Saudi dan Indonesia Bagaimana Menyikapinya

Perbedaan hari raya Idul Adha di Arab Saudi dan Indonesia bukanlah masalah. Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada hari Selasa, 21 Agustus 2018. Sedangkan di Indonesia hari Rabu, 22 Agustus 2018. Mengapa dapat terjadi perbedaan hari raya Idul Adha?

Berdasarkan hasil pengamatan Tim Rukyatul Hilal Arab Saudi, di beberapa wilayah seperti di As-Sudair dan As-Syaqra’ menyatakan berhasil melihat rukyatul hilal. Sedangkan pemerintah Indonesia, berdasarkan hasil isbat, hari raya Iduladha jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018.

Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama pun menerangkan, bahwa penetapan waktu ibadah di Indonesia bersifat lokal, tidak global. Mengikuti wilayatul hukmi mencakup MABIMS (Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Singapura).

Menurut Lukman, untuk ibadah, khususnya salat dan puasa, Indonesia merujuk pada waktu lokal. Sehingga perbedaan jam, waktu, dan hari, mengikuti wilayah di mana kita berada.

Muhammadiyah Amin, Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama, sebelumnya mengatakan terdapat 92 titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Saat menentukan tanggal 1 Zulhijah, Majelis Ulama Indonesia menggunakan pedoman rukyatul hilal.

Berdasarkan pengamatan para rukyatul hilal, sidang isbat 1439 H dan cara ijtimal menyatakan terlihat hilal itu pada hari Senin lalu, 13 Agustus 2018. Maka akan terjadi adanya perbedaan hari raya Idul Adha di Indonesia, yang jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018, dan itu bukan masalah. Sedangkan untuk puasa Arafah, dilakukan pada hari Selasa, 21 Agustus 2018.

Sebelum melakukan salat Idul Adha, terdapat beberapa adab yang perlu diketahui. Di antaranya adalah melafadzkan zikir dengan takbir, tahmid, juga tahlil, menggunakan pakaian bersih dan suci, niatkan mandi besar, berpuasa sunnah Arafah. Lalu mengambil jalan berbeda saat pergi dan pulang salat Id, berjalan kaki menuju tempat salat, dan melakukan qurban bagi mereka yang dilapangkan rezekinya.

Qurban adalah menyembelih hewan. Hewan qurban ini harus memenuhi syarat sahnya qurban. Yaitu berbadan sehat, tidak berpenyakit, secara fisik tidak terdapat cacat yang jelas, bobot hewan yang bagus, telah masuk umur yang ditentukan.

Dalam mencari hewan ini, tentu memerlukan waktu. Belum lagi mencari tempat penyedia hewan yang terpercaya. Namun, jangan khawatir, Sunnah Aqiqah mampu menjawab semua itu. Sebagai penyedia hewan, baik untuk qurban, aqiqah maupun syukuran, kami menyediakan hewan qurban yang sesuai syariah.

Sunnah Aqiqah siap melayani Anda untuk berqurban. Dengan menyediakan hewan yang berkualitas terbaik, yaitu domba organik jantan. Pemesanan yang mudah, melalui narahubung di 082112831927, cara pembayaran pun dapat dipilih. Dapat  melalui transfer ATM, pembayaran di kantor cabang, atau dapat bayar saat pengiriman. Dan melakukan pengiriman hewan sesuai kesepakatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.