Kopo, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
, IN 40393
Hotline:
0813 2242 2825
[email protected]
[email protected]

Syarat Berhaji yang Harus Dipenuhi

Syarat Berhaji yang Harus Dipenuhi

Bagi umat muslim di dunia melakukan ibadah haji adalah sebuah harapan yang kuat. Untuk mewujudkan Rukun Islam yang ke-5 ini bukanlah hal yang mudah, bukan pula hal yang sulit. Jika Allah Swt. menghendaki, kun fayakun, maka jadilah. Tak ada yang mustahil bagi Allah.

Rangkaian ibadah haji merupakan rentetan peristiwa yang dialami Ibrahim as, perjalanan ujian hidup dalam mentaati perintah Allah. Perintah untuk menyembelih anak yang sangat dicintai yaitu Ismail as. Atas kesabaran dan ketakwaannya yang sangat tinggi, maka Allah memberi hadiah, dengan mengganti Ismail dengan hewan qurban, domba qurban (gibas).

Hukum Berhaji, diwajibkan untuk setiap muslim setidaknya sekali seumur hidup bagi yang mampu melakukan perjalanan ke Baitullah (QS. Ali Imran: 97). Dalam melakukan ibadah haji terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

Syarat – syarat Berhaji

• Muslim, agama Islam
• Berakal sehat
• Balig (dewasa)
• Merdeka, bukan budak
• Mampu melaksanakannya

Rukun Haji

Yaitu perbuatan yang wajib dipenuhi, serta tidak dapat diganti dengan membayar denda. Jika meninggalkan salah satu syarat maka tidak sah atau batal ibadah hajinya dan diulangi tahun depan. Rukun haji tersebut adalah:

1. Ihram
Berniat mengerjakan ibadah haji atau umrah dengan menggunakan pakaian putih bagi perempuan, dan kain putih tanpa jahitan bagi laki-laki.

2. Wukuf di Padang Arafah
Berada di Padang Arafah, 9 Dzulhijah dimulai dari tergelincirnya matahari waktu Zuhur sampai terbenam matahari (10 Dzulhijah)

3. Tawaf
Adalah mengelilingi Kabah berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak tujuh putaran, mulai dari titik Hajar Aswad. Tawaf mempunyai wudu dan menutup aurat.

4. Sai
Berlari kecil antara Bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali

5. Menggunting (Mencukur) rambut

6. Tertib
Melakukan ibadah haji secara berurutan.

Ketika jamaah haji melakukan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah, maka bagi yang tidak berhaji melakukan sunnah puasa, disebut juga puasa Arafah. Dan pada tanggal 10 Dzulhijah jamaah bergerak menuju Mina setelah bermalam di Muzdalifah untuk melempar jumrah. Saat inilah, umat muslim di dunia yang tidak sedang berhaji melaksanakan Solat Idul Adha.

Setelah Solat Idul Adha dilanjutkan dengan qurban yaitu menyembelih hewan bagi mereka yang mampu. Dimana hewan yang dapat digunakan adalah sapi, kambing, unta, dan domba qurban. Hewan ini harus memenuhi syarat sah qurban, yaitu sehat, tidak cacat sesuai syariah.

Sebagai penyedia hewan qurban ini, Sunnah Aqiqah siap memberikan jasa layanan prima, dengan menyediakan domba qurban berkualitas terbaik. Caranya mudah, hubungi narahubung 082112831927, dengan memilih cara pembayaran di tempat saat pengiriman, transfer, atau bayar di kantor. Selain untuk qurban Kami menyediakan layanan untuk aqiqah maupun syukuran.

Berkomitmen pada layanan yang aman, handal, dan terpercaya, wilayah pendistribusian hewan qurban Kami meliputi Qurban Bandung dan Qurban Cimahi.


Leave a Reply

Your email address will not be published.